Winsor McCay, Tokoh Doodle Google Hari ini


Winsor McCay adalah sosok pembuat animasi komik strip Little Nemo di logo Google hari ini. Little Nemo yang dibuat McCay di tahun 1905 genap berusia 107 tahun hari ini. Dibandingkan dengan Walt Disney, Max Fleischer, Stan Lee, atau tokoh-tokoh sejenis lainnya, nama Winsor McCay memang terasa sedikit asing. Padahal, sosok ini adalah sang pemula dalam sejarah panjang animasi di dunia, jauh sebelum Walt Disney dan lain-lainnya turut berkiprah di ranah tersebut.

Google Doodle 15 Oktober 2012
Tokoh bernama lengkap Winsor Zenic McCay ini dilahirkan di Spring Lake, Michigan, Amerika Serikat, pada 26 September 1869. Ia adalah seorang seniman, dan khususnya dikenal sebagai seorang kartunis sekaligus salah seorang animator pertama yang pernah ada. Sejak tahun 1905, Winsor McCay telah menggarap strip komik (rangkaian gambar berisi cerita) berjudul Little Nemo. Komik yang dimuat secara bersambung di suratkabar New York Herald dan New York (Journal) American hingga tahun 1914 ini menjadi salah satu komik paling populer kala itu. Pada tahun 1911, Little Nemo juga tampil dalam bentuk film.
Setelah Little Nemo meraup sukses, Winsor McCay mengerjakan animasi untuk film pendek bertajuk Gertie the Dinosaur yang dirilis pada tahun 1914. Meskipun bukan film animasi pertama di dunia, namun Gertie the Dinosaur mampu memikat publik Amerika Serikat karena berhasil menampilkan karakter dengan kepribadian yang menarik dan unik. Gertie the Dinosaur menggunakan trik animasi yang kelak diterapkan oleh Walt Disney dan para animator dunia lainnya. Selain itu, film ini adalah film pertama yang dibuat dengan menggunakan teknik keyframe animation. Kepopuleran dan pengaruh Gertie the Dinosaur bagi sejarah film animasi dunia membuatnya terpilih untuk duduk di peringkat 6 ke dalam jajaran “50 Film Kartun Terhebat Sepanjang Masa” melalui survei yang dimototi oleh animator dan kartunis legendaris, Jerry Beck.
Selain Little Nemo dan Gertie the Dinosaur, masih banyak komik maupun animasi yang telah diciptakan oleh Winsor McCay. Untuk strip komik, beberapa buah karya Winsor McCay antara lain A Tale of the Jungle Imps by Felix Fiddle (1903), Little Sammy Sneeze (1904-1906), Dream of the Rarebit Fiend (1904-1913), The Story of Hungry Henrietta (1905), A Pilgrim’s Progress (1905-1910), Little Nemo (1905), Poor Jake (1909-1911), dan lain-lain. Sedangkan karya animasi Winsor McCay yang telah difilmkan di antaranya adalah Little Nemo (1911), How a Mosquito Operates (1912), Gertie the Dinosaur (1914), The Sinking of the Lusitania (1918), Dreams of the Rarebit Fiend: Bug Vaudeville (1921), Dreams of the Rarebit Fiend: The Pet (1921), Dreams of the Rarebit Fiend: The Flying House (1921), The Centaurs (1921), Gertie on Tour (1921), Flip’s Circus (1921), hingga The Barnyard Performance (1922).
Winsor McCay meninggal dunia pada 26 Juli 1934 dalam usia 64 tahun. Tokoh yang pantas dianugerahi sebagai bapak animasi dunia ini dikebumikan di The Cemetery of the Evergreens, Brooklyn, New York, Amerika Serikat. Hasil pemikiran dan karya cipta Winsor McCay tidak bisa dipungkiri telah menjadi salah satu inspirasi bagi para animator dan kartunis di generasi setelahnya, termasuk Walt Disney dan para tokoh legendaris lainnya.

Sumber :

Winsor McCay, Tokoh Doodle Google Hari ini. (http://bukucatatan-part1.blogspot.com/2012/10/winsor-mccay-tokoh-doodle-google-hari.html)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s